Wednesday, May 31

Inilah cinta…

...cinta…

Kata ‘cinta’ sering sekali didefinisikan oleh banyak orang sebagai suatu peristiwa yang tidak dapat dijelaskan.Getaran energi mengalir melalui tubuhmu ketika kau memikirkan si ‘dia’,dan hal itu terjadi selama kau terjaga.Kau kehilangan minat terhadap tanggungjawab yang seharusnya kau selesaikan.Sepertinya si ‘dia’ telah melepaskan selaput dari matamu dan kau dapat melihat dunia penuh dengan keajaiban,misteri dan kebahagiaan.

Tetapi, Allah ingin meberikan kepada kita suatu sudut pandang yang lebih tinggi dan luas.Ia ingin memperdalam pengertian kita. Kristus mengajarkan bahwa kasih bukan untuk pemuasan diri kita sendiri tetapi bagi kemulian Allah dan untuk kebaikan orang lain.Kasih sejati tidak mementingkan diri sendiri. Ingatlah bahwa kasih sejati itu tidak dikendalikan atau diukur oleh perasaan. Kasih itu memberi,berkorban dan menyangkali kebutuhan-kebutuhannya sendiri.
Sebagai orang Kristen kita memiliki 1 tingkat komitmen yang terpasang 1 dengan yg lainnya sebagai “saudara saudari” didalam Kristus.Kita semua adalah keluarga.dan kasih itu pula haruslah murni dan sungguh-sungguh.

Tahukah kamu bahwa…
Ketika kita menjadikan kemuliaan Allah dan kebutuhan orang lain sbg prioritas kita,kita memposisikan diri kita untuk menerima sukacita terbesar di dalam kehidupan kita.

Tetapi bagaimana hubungan yang dikehendaki Allah?

Simaklah 7 kebiasaan buruk berkencan dibawah ini,dan tanyakan pada dirimu dan pasanganmu,apakah kalian seperti itu?

1.Kencan cenderung melewatkan tahap persahabatan dalam suatu hubungan
seringkali karena nafsu dan tawaran duniawi yang menggiurkan,kia dgn cepat mengambil keputusan untuk memulai 1 hubungan dgn seseorang tanpa melalui tahap persahabatan,tanpa juga tujuan dan visi yang sama,tanpa juga mengerti mengapa kita memutuskan untuk bersama dengan ‘dia’?
Keintiman tanpa komitmen adalah memperdayakan.Keintiman tanpa persahabatn adalah sesuatu yang dangkal.Suatu hubungan yang didasarkan pada daya tarik fisik dan perasaan romantis hanya akan bertahan selama perasaan itu ada.Sebaiknya seperti yang telah diperintahkanNya kepada kita bahwa kita menganggap sebgai saudara itu dijalankan sambil menunggu konfirmasi dari Tuhan.Yakinlah bahwa Tuhan memberi yang terbaik untuk anak-anakNya, dan semua adalah indah pada waktunya…

(tips: tahukah kamu bahwa dengan pergi berdua saja memiliki kecenderungan utk membawa seorg pemuda dan pemudi melampaui persahabatn dan terlalu cepar menuju kearah percintaan)

2.Kencan seringkali menyamakan cinta dengan hubungan fisik
menurut kalian, apakah benar jika ‘apabila bibir telah bertemu berarti hati telah terpaut? Apakah iya apabila 2 tubuh tlh menarik ke tubuh yg lainmaka 2 org saling cocok 1 sama lain?’
ketahuilah bahwa hubungan fisik TIDAK SAMA dengan cinta !
Memfokuskan diri pada fisik jelas berdosa.Tahukah kamu bahwa Tuhan menuntut kesucian drpd kita?spt yang dikatakan di Filipi 1:9-10,berbunyi
‘Dan inilah doaku,semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yg benar dan dlm segala macam pengertian,shgga kamu dpt memilih apa yang baik,spy kamu suci dan tidak bercacat menjelang hari Kristus”
Ingatlah bahwa keterlibatan fisik dpt merusak cara pandang kalian dan menuntun kalian pada pilihan-pilihan yang tidak bijaksana!

3.Kencan seringkali mengisolasi pasangan dari hubungan penting lainnya
maksud hbungan penting lainnya disini adalah hubungan kita dengan Tuhan,keluarga bahakan teman2 kalian.ini sering sekali terjadi.Dengan berkencannya A dengan B,maka kedua2nya pun spt hilang ditelan bumi,mereka sudah jarang berkumpul dgn teman2nya,jarang renungan krn mungkin lebih byk menghabiskan waktu menelepon pacar..ini haruslah diperhatikan karena 1 hubungan itu harus berinteraksi dgn kesemua pihak,bak kepada Tuhan,keluarga,dan juga sekitar kita.bukan hanya ber2!

4.Kencan dapat mengalihkan perhatian kaum muda dr tanggung jawab utama mereka untuk mempersiapkan masa depan mereka
Hal ini sudah mewabah di komunitas kaum muda sekarang..bahkan saya pun eprnah mengalaminya…Ingatlah bahwa kita masih ada tanggungjawab kepada orangtua dan terlebih lagi kepada Tuhan.kita hrs memprioritaskan mana yang penting.janganlah kita membunag kesempatan dan masa depan hanya untuk hubungan yang belum jelas statusnya apalagi yang belum mendapat konfirmasi dr Tuhan..semua itu adalah sia-sia

5.Kencan dapat menyebabkan perasaan tidak puas terhadap katuania Allah mengenai keadaan lajang
Lajang atau yang dimaksud status ‘belum menikah’ adalah masa-masa dimana dikatakan kita masi melakuan semuanya untuk diri sendiri.Banyak orang berpendapata,dengan status lajang,maka kita hrs mencoba,melakuakn apa yang blom pernah kita lakukan,experiment.
Tetapi keindahan masa lajang yg sesungguhnya itu tidak kita dapatkan dengan cara mengejar kisah cinta dgn sebanyak mungkin orang yang kita inginkan.Kencan tidak akan menyebabkan orang-orang menikmati masa lajang yang unik,melainkan justru menyebabkan orang memfokuskan diri pada apa yang tidak mereka miliki.Sebaliknya,kita menemukan keindahan yg sesungguhnya dengan cara melayani Allah dengan bebas!
Allah memberikan kpd kita masa lajang sebagai satu masa yang tak tertandingi didlm kehidupan kita dlm hal banyaknya kesempatan untuk bertumbuh,belajar dan melayani.

6.Kencan dapat menciptakan suatu lingkungan palsu utuk mengevaluasi karakter orang lain
ya,spt yg kalian tau,bila seseorang sedang dlm status ‘jadian’ banyak sifat2nya yg berubah sementara,maksudnya berpura-pura.Ini sangatlah bahaya,karena bersenang-sennag pada saat kencan tidak akan menunjukkan kpd siapapun ttg karakter atau kemampuan sesorg suami atau istri yang baik.

7.Kencan seringkali menjadi tujuan akhir
maksudnya,sering kali orang menikamti hubungan yang sering disebut sebgai HTS (Hubungan Tanpa Status) atau TTM (Teman Tapi Mesra).Apapun itu,itu sangtalh membuang-buang waktu.Hubungan spt ini bukan saja pada akhrinya menyakiti diri sendiri tapi juga menyakiti perasaan orang lain.Apa untungnya?

Ya,disini saya hanya membagikan apa yg telah saya baca,ketahui dan ingin kita bersama2 belajar dan menjalankan smuanya sesuai dgn perintah Tuhan..Jika dlm hubungan kalian ada yg spt poin-poin diatas,baiklah dikoreksi dan saling membangun dengan pasangan anda..

Hubungan dengan lawan jenis bukanlah “ menikmati saat-saat indah” ataupun “mempelajari apa yang aku inginkan dalam sebuah hubungan”.Satu hubungan itu bukanlah lagi untuk MENDAPATKAN, tetapi untuk MEMBERI, yaitu kesempatan untuk mengasihi orang lain seperti Allah telah mengasihi kita.Mengesampingkan keinginan-keinginan kita dan melakukan apa yang dinginkan oleh pasangan kita,mengasihi dia walaupun tidak ada yang ia berikan kepada kita.Menginginkan kesucian dan kemurnian dari pasangan ita karena hal itu menyenangkan Allah dan melindungi pasangan kita.

Jadi intinya…

Memilih untuk tidak memainkan permainan berkencan tidak berarti menolak persahabatan dengan lawan jenis,persahabatan,hubungan cinta, atau pernikahan.Kita ttp mengejar hal tersebut,kita hanya memilih untuk megejarnya dengan standar-standar Allah dan dalam waktu Allah.Allah meminta kita untuk meletakkan ambisi-ambisi romantis kita kedlm tumpukan ‘segal sesuatu’ yg hrs kita tinggalkan sehingga kita dapat ‘mencari dulu kerajaan Allah dan kebenaranNya’ (Matius6:33).
Semoga memberkati...
posted by lies  @  12:55:00 PM  | 

6 comments:

  • At May 31, 2006 3:14 PM, Blogger C'Tephen said…

    This comment has been removed by a blog administrator.

     
  • At May 31, 2006 5:56 PM, Blogger Yuyu said…

    Tuwh pen... makanya jgn keburu kebawa napsu wkakakakkakakka

    Nice and great post! Tapi panjang bener euy >.< gw skimming aja gpp yah :P

    Recommended reading for all the jomblos, esp. epi hihihihihihihihi no ovence yah kekekek just wait for the right time! ;)

     
  • At May 31, 2006 7:23 PM, Blogger C'Tephen said…

    He? siapa yg keburu nafsu. tolong ya omongan itu yang membangun sedikit kenapa. Masih inget pepatah mulutmu, harimaumu. tp ini kan ketik ya... hum... ya udah de tulisanmu, harimaumu... halah2... terserah d... ape... yg penting yg membangun la... biarlah kita jadi orang yg berbeda, disaat semuanya saling menjatuhkan, biarkan kita berdiri menjadi seorang sosok yg berbeda.

     
  • At May 31, 2006 7:41 PM, Blogger C'Tephen said…

    Nice Post...

    Sungguh memberkati saya. Dengan adanya Posting ini, sebagai anggota IJO LUMUT (Ikatan JomblO, LUcu dan iMUt) dan JoJoBa (Jomblo-Jomblo Bahagia), saya jadi belajar bagaimana pertemana dengan lawan jenis yang sesungguhnya Tuhan mau. Saya sangat bersyukur ada orang2 yang mengingatkan saya dan secara tidak langsung menegur hal2 yang belum benar di dalam hidup saya.

    Love you guys... Love you all...

    Love you the one in my heart...

    God Bless You...

     
  • At June 01, 2006 4:30 AM, Blogger Yuyu said…

    sensi amet lu pen, lg dapet lu ya?!
    masa gw disuru bangunin lo mulu, emangnya ga ada weker apa? beli aja knapa? kekekekekekekeke yahhhh pokoknya inget2 aja, "Love will find you if you try!" Wakakakakakakakaka!!!!

     
  • At June 01, 2006 10:44 PM, Blogger C'Tephen said…

    iye ne dapet... mending la gue dapet, daripada ga dapet kan tanda2 hamil... doh doh...

    gue kan cuma nyuruh lo skali doank... sekarang alarm rada kurang ngefek... kakaka

    Love find me wherenever i'm not try... kakaka...

    GBU...

     

Post a Comment

<< Home