Sunday, May 7

D I S C Camp


Well, We (see above picture) and ISCF Fellaaas... "did" amazing work for the last 2 days... phuhh seem exhausted, it was... grauks... but we received a "bunch" of knowledge whooohh... let's see... u guys who has joined this camp, please write by yourself :)...

T'ephen result...

DISC

Tipe penasehat (counselor pattern)
Tokoh : Abigail, Barnabas

1. Emosi : mudah didekati, penuh kasih sayang dan pengertian.

2. Tujuan : persahabatan, kebahagiaan.

3. Menilai orang lain dengan : penerimaan yang positif, umumnya mencari hal2 yang baik dalam diri orang lain.

4. Mempengaruhi orang lain dengan : hubungan pribadi, mempraktekan kebijkan "tangan terbuka"

5. Nilai bagi organisasi : stabil, dapat diduga, persahabatan luas, baik dalam mendengarkan perasaan hati.

6. Sikap yang sering muncul : pendekatan tidak langsung, toleransi.

7. Dibawah tekanan : menjadi telalu fleksibel dan intim, terlalu mempercayai orang lain tanpa membeda-bedakan mereka.

8. Ketakutan akan : orang2 yang menekan, dituduh melukai / menyakiti orang lain.

9. Dapat meningkatkan efektivitas kerja dengan : perhatian pada batas akhir yang realistis, inisiatif untuk menyelesaikan tugas.

Penasehat adalah seorang yang mudah didekati, penuh kasih sayang dan mengerti orang lain. Yusif orang Lewi memiliki sifat2 ini sehingga para rasul menyebutnya Barnabas, yang dalam bahasa Yunani bearti "anak penghiburan".
Seorang penasehat cepat menjawab kebutuhan2 orang lain, seperti halnya Barnabas ketika menjual tanahnya dan memberikan uang itu kepada para rasul. Karena peka terhadap orang lain, seorang penasehat seringkali memberikan perkataan yang baik untuk rekan sekerjanya yang tidak mendapat perhatiaan. Mereka sangat toleran dan berusaha keras untuk menjaga kebahagiaan orang lain. Abigail menggunakan kecakapan2 ini untuk meyakinkan Daud agar tidak membunuh suaminya meskipun dia seorang yang sangat kasar dan kejam.
kadang2 toleransi ini menjadi suatu sifat yang negatif seperti yang terlihat saat Barnabas memilih membatasi persekutuannya terhadap orang kafir karena takut hal tersebut dianggap menghina perasaan teman-teman yahudinya.
Umunya seorang penasehat memiliki pandangan yang optimis dan melihat hal2 yang baik dari orang lain. Hal ini terlihat melalui laporan baik Barnabas tentang Paulus, walaupun murid2 yang lain masih takut terhadap mantan farisi tersebut. Selanjutnya Barnabas menunjukkan komitmen yang sama terhadap Yohanes, Markus dan menentang Paulus yang berpegang teguh kepada pendiriannya.
Kasih yang tidak bersyarat dan rasa percaya pada orang lain yang dimiliki Barnabas dan Abigail adalh contoh betapa pentingnya karakter ini bagi tubuh Kristus.

Urutan kasih karunia

1. Nubuat
Hal2 yg baik: Peka terhadap benar/salah dan mempunyai keinginan untuk hidup benar setiap saat, dapat dipercayai/diandalkan, mudah untuk berkomunikasi secara verbal dan dapat dengan mudah mengekspresikan pikiran.

Kelemahan yg perlu diwaspadai: cepat memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah, akan menjadi marah pada diri sendiri dan mengalami depresi jika merasa telah berbuat salah atau hidup tidak sesuai dengan standard yang telah dibuat, gampang mengkritik, senang memaksa, cenderung mengatur dan sulit mengampuni.

2. Memberi
Hal2 yang baik: kadang2 merasa segan dan cukup sulit bertemu dengan orang2 baru yang belum anda kenal, mempunyai kemampuan untuk menghasilkan uang (wiraswasta) dan untuk meyimpan uang, murah hati/dermawan dalam hal uang, waktu, tenaga, talenta dan semua yang dapat diberikan.

Kelemahan yg perlu diwaspadai: cenderung kikir terhadap saudara sekandung terutama jika anda tidak melihat penghargaan atas apa yang anda berikan, kadang-kadang terlalu berfokus pada uang sehingga menjadikan uang sebagai bagian terpenting dalam hidup, bekerja terlalu berlebihan dan terlalu murah hati.

3. Belas Kasihan
Hal2 yang baik: sangat sensitif dengan perasaan orang lain sehingga kadang2 terlalu hati2 dalam perkataan dan tindakannya supaya tidak menyakiti orang lain, senang membantu dan lebih senang bekerja dengan orang lain daripada bekerja sendirian, pejuang untuk perkara yang baik dan anda sangat tidak suka ketidakjujuran, ketidakadilan dan kekejaman dan anda tidak dapat diam melihat orang lain tertolak atau mendapat perlakuan yang buruk.

Kelemahan: mempunyai perasaan segan dan merasa tidak aman jika bertemu dengan orang yang belum dikenal dan dalam membina hubungan baru, sulit mengambil keputusan dan sering bertanya "Apakah yang harus saya lakukan?", suka menunda pekerjaan dan tidak tepat waktu serta terkadang terpaksa berdusta untuk melindungi diri sendiri karena berpendapat "Jika saya mengatakan kebenaran, saya akan dihukum"

Bold means: itu gue banget
Kuning: dulunya gue

Ini bukan untuk kesombongan diri atau untuk meng under-estimate diri sendiri. tapi biarlah dari sini kita bisa mengenal lebih baik lagi, dan ga ada ketidak jelasan antara kita. maksudnya disaat gue berubah dan tidak seperti biasanya, lo2 pade bisa maklum.. hahaha... mungkin itu hanya sementara sahaja :).
posted by C'Tephen  @  2:40:00 PM  | 

1 comments:

Post a Comment

<< Home