Thursday, June 8

PDKT Itu Perlu

PDKT Itu Perlu


GloriaNet -
Seneng lho denger temen-temen pada punya pertimbangan dalam nerusin hubungan mereka, tapi sayangnya semua itu seringnya baru terjadi setelah pacaran berjalan lamaaa… sekali. Kalo akhirnya putus, kan jadinya banyak banget korban yang berjatuhan, hati yang terluka, kaki yang tersandung, alias bikin orang mundur dari Tuhan. Sebenernya itu semua bisa diminimalkan kalo aja kita bisa mendeteksi semua itu sebelum kita jalan serius sama doi.

Itulah perlunya PDKT alias pendekatan. Di Alkitab memang nggak ada sih yang jelas-jelas cerita tentang PDKT. Dalam menjalani hidup ini, Tuhan mau kita peka mengikuti tuntunan Tuhan, dan itu juga berarti kita mau memakai hikmat kita, alias mikir sesuai prinsip-prinsip Firman Tuhan. Tuhan nggak mau kita terlalu “ngeroh” yang nggak karu-karuan, sampai-sampai begitu ada orang yang jatuh dari atas, tepat di depan kita, langsung kita bilang “ini dia jodoh yang dikirim Tuhan khusus untukku”. Cek dulu baik-baik, jangan-jangan itu film Mr.Bean yang baru mau mulai! Bagaimana kita bisa mempelajari lebih jauh tentang doi sebelum kita bilang “I do” untuk lebih serius sama dia?

I. Jangan buru-buru eksklusif!!
Kalau belum yakin bener, dan belum yakin sama tuntunan Tuhan, apakah doi bener pasangan yang tepat buat Kalian, maka sebaiknya Kalian jangan eksklusif dulu, alias berduaa… terus kayak perangko. Gaul aja dulu banyakan, rame-rame. Dijamin kita bisa dapat lebih banyak informasi rahasia di situ.

Keuntungan kalau kita bergaul rame-rame dulu:

Kerugian kalo belum apa-apa udah berduaan:

II. Jangan salah pasang antene kita!!
Ingat perasaan cinta akan luntur dalam waktu beberapa bulan saja, kalau tidak ditunjang dengan hal-hal di bawah ini. Jadi jangan yang dicari cuma asyik-asyiknya doang, dan jangan sampai cinta itu buta sebelum waktunya, tapi justru mata kita perlu perlu terbuka untuk perhatiin:

Kepribadian
Ini hal yang paling penting, paling menentukan hari depan seseorang. Dari cara dia bergaul kita harus bisa lihat, apa dia itu:
- Mau menang sendiri?
- Bisa menghargai orang lain?
- Kalo marah dia seperti apa?

Keluarga
Apa yang ada di keluarga kita biasanya akan mewarnai kepribadian kita, dan akan terbawa dalam keluarga masa depan kita:
- Broken home?
- Hubungannya akrab atau penuh masalah?

Life Style
- Maunya serba mewah atau bisa diajak sederhana? Bisa dilihat dari tempat-tempat makannya.
- Tipe pekerja atau tipe penghabis uang? Bisa dilihat dari sikapnya dalam menghargai uang yang dia punya.

Tujuan dalam hidupnya
- Punya pendirian atau gampang terbawa arus?
- Punya tujuan hidup yang jelas atau ngambang?
- Punya kemauan untuk mencapainya atau mudah menyerah?

Dari sini kita bisa lihat apa dia orang yang tepat untuk menemani perjuangan kita meraih hari esok. Bisa hari Selasa atau Rabu atau Kamis, tergantung kapan kita baca hal ini, hehehe...

III. Nggak ada orang sempurna!!
Kalo Kalian cari orang yang sempurna dalam segala bidang, maka siap-siap aja untuk nggak akan menemukannya bahkan sampai Tuhan Yesus datang kedua kali! Masalah yang sering muncul dalam ngejalanin hubungan ini adalah bahwa kita sendiri sering nggak sadar bahwa sebenarnya kita yang nggak dewasa.

Ciri-ciri orang yang nggak dewasa:
a. Nuntuuut… terus.
b. Nggak pernah ngerasa salah.
c. Mudah marah.

Jalan keluar: evaluasi diri dan bertumbuh dalam Tuhan supaya bisa berubah. Sebenernya terlibat dalam pelayanan, kalau sungguh-sungguh dijalanin, pasti bakal kasih kita karakter Kristus yang bagus banget untuk membantu kita dalam membangun hubungan dengan siapa aja. (GCM/getFresh!-and)

http://www.glorianet.org/mau/serabi/sera_009.html


Nb: selesai bacar renungan harian, iseng2 gue klick ini... ya... gue sendiri baru baca depannya. belum menyempatkan diri hihihi... daa dee baca aja ndiri...

posted by C'Tephen  @  9:54:00 AM  | 

4 comments:

  • At June 08, 2006 5:07 PM, Blogger Yuyu said…

    hebat amet loe...
    suruh orang baca tp tulisannya item2
    kakakakaka ga niat ne bos ngepostnya ...

     
  • At June 09, 2006 12:50 AM, Blogger lies said…

    oh ternyata tulisannya item hauahuah gau kira emang bolong ituh..aduh pen niat ga sih lo..parah deh
    but still thank for the sharin..

     
  • At June 09, 2006 6:18 PM, Blogger .::BurunK::. said…

    ganti Phen....huhuhuhu...susah bacanya...

     
  • At June 10, 2006 12:40 AM, Blogger C'Tephen said…

    maaap2 gue cuma copy paste, ga perhatiin tulisannya, lagian udah diperbaiki kok :). maap la kemaren sibuk hehehe...

    Sorry2... adu jadi ga enak... tp kalo ngeritik yang alus dikit kenapa... ga pake sindiran kale... apa lagi mengandung rasisme, dan saraisme... ha?? apaan tuh kakaka... yasuw laa... just intermezzo.....

    Ciaoooo

    GBU...

     

Post a Comment

<< Home