Friday, May 19

S . T . A . Y


Hello world! How are you guys today? Back again with me at the same time and same channel ... Well, well, well... let me start with ... minggu depan kumpul assignment 4 biji !!!!!! Waaaa!!! This week will be the hardest week ever in this semester.

Hari ini kita komsel, walopun komselnya yang dateng hari ini cuma bertiga >.< (poor us) but I like today's cellgroup so much! yeah you rock guys! It was fun and the fellowship between us felt so strong. Trus hari ini gw kebagian bagiin FT, nah gw bingung jg mau bagiin apa sebenernya? Lha wong uda ga pernah saat teduh, apalagi buka alkitab (so sorry dear Lord!) Lalu waktu gw mo tidur, tiba2 ada kata yang melintas di pikiran gw saat itu which is kata STAY ini. Nah besok paginya bangun juga kata-kata itu masi terngiang2 gt di pikiran gw dan akhirnya gw coba merenungkan ada apa di balik STAY ini?! Gw ngerasa gw perlu bagiin ini, karena hasil perenungan yang gw dapet tu ternyata bener2 mengingatkan gw banget dan menjadi berkat banget buat gw sendiri. Dan gw jg percaya, hal2 ini bukan cuma buat gw aja, tapi buat mengingatkan setiap kita di sini. Jadi gw coba share yang tadi lagi gpp ya pen? Hahaha ok lah, let's move on...

Why STAY? Well, belakangan ini gw ngeliat kita2 ni pada struggle sama yang namanya "masalah sehari2". Banyak yang ngeluh, "kenapa sih masalah ini kok nimpanya ke diri gua? kenapa ga ke orang lain aja? Kenapa datengnya ke gua masalah yg ini2 aja terus?". Kebanyakan dari kita nanggepin secara negatif tanpa berpikir apa tujuannya dari semua masalah yg menimpa kita, sehingga pada akhirnya kita malah larinya ke hal2 yang ga semestinya kita lakukan. Nah, feedback yang umumnya dilontarkan oleh orang2 sekitar lo pasti sekitar ini "Kalo ada masalah, jangan lari dari masalah itu, tapi selesaikan masalah itu". Tapi gimana sih kita menanggapi penyelesaian dari masalah itu? Gimana kalo kita malah nemuin jalan buntu padahal kita uda niat banget pengen nyelesaiin masalah itu? Dari perenungan gw, ternyata gw sadar sebelum kita menyelesaikan (baca:solve) masalah itu, dia mau kita STAY terlebih dahulu ... stay yang seperti apa? Well... ada beberapa point yg gw dapet:

1. STAY Calm (cool & confidence ^_^)
Bible Ref: Yesaya 58:11 , Yakobus 1:2
Pada waktu kita dihadang masalah yang seringkali jadi respon kita itu biasanya 'panik'. Padahal di Yesaya, Tuhan uda berjanji bahwa He will guide us and fulfill our heart, di saat2 kita dalam masa pencobaan dia akan memperbaharui kita dengan kekuatan yang baru, kekuatan yang bisa menghadapi masalah itu sendiri. Dan di Yakobus, Tuhan mau ingetin kalo sebenarnya tujuan dari ujian itu adalah agar kita mencapai sebuah ketekunan yang bisa menghasilkan buah2 roh setelah masalah itu diselesaikan. So kalo kita uda ngerti ini, saat masalah itu datang, just be happy and be thankful! Don't Worry, Be Happy! hahaha

2. STAY in Position
Bible Ref: 1 Korintus 3:11-15 , Ayub 23:10
Stay in position di sini maksudnya adalah kita harus berdiri tegak di tempat dalam menghadapi masalah itu. Jangan malah larinya ke hal-hal negatif yang malah bisa menjatuhkan diri kita. Orang yang bisa berdiri tegak adalah orang yang mempunyai dasar2 Kristus, jadi tanpa dasar ini engkau akan jatuh dan ga bisa survive menghadapi masalah atau badai yang sedang datang. Seperti juga yang Ayub katakan di ayat 23, Ayub itu seorang yg punya dasar iman yang kuat, karena itu dia bisa survive dalam pencobaan yg datang bertubi2, bahkan dia berkata saat ujian itu datang "aku akan timbul seperti emas". Wow! Gimana dengan kita? apakah kita bisa seperti emas?

3. STAY Focus
Bible Ref: Matius 14:22
Stay focus berbicara tentang mata rohani kita, apakah pandangan kita tertuju ke arah Tuhan? Dalam Matius 14:22 tentang Yesus yang berjalan di atas air, murid2-Nya ketakutan. Lalu Yesus memanggil seorang drpd mereka, which is Peter (baca: Petrus :P) lalu ia turun ke atas air dan berjalan mengarah ke Yesus. Pada awalnya fokus dia ke Yesus, tapi pada saat ada angin yang berlalu berhembus ke arahnya, konsentrasinya buyar seketika dan dia kehilangan fokus ilahinya lalu dia jatuh tenggelam ke dalam air. Sama seperti kita, pada awal2nya saat kita masi tenang2 menjalani hidup yang rasanya engga ada beban, oh rasanya tu enak bener! Fokus kita jg masi mengarah ke Tuhan dengan mudahnya, tapi begitu sedikit aja dihembusin angin masalah tiba2 konsentrasi kita langsung pecah dan pandangan kita langsung blur dan kita sulit memfokuskan diri ke Tuhan. Oleh sebab itu, keep your focus right to Him and dont forget when you are not focus even just a little bit, start to adjust back your view to the right direction.

4. STAY Connected
Bible Ref: Efesus 2:19-20
Nah buat yang satu ini Tuhan tentu aja maunya kita tetep connect sama Dia donk. Kita seringkali waktu diterjang masalah malah lupa buat connect sama dia. Gimana cara connectnya? Tentu aja dengan prayer dan FT donk, dengan cara itulah kita seperti berkomunikasi layaknya kita lagi nelpon orang, trus dibalesnya bisa lewat email ato sms hehehe. Eits, tapi engga sampe di situ aja! Kalo tadi stay connected ke arah atas, ternyata Tuhan tuh pengen kita juga stay connected ke samping. Maksudnya itu adalah, kita juga perlu stay connected sama orang2 di sekitar kita TAPI yang tentunya seiman donk, yang bisa membangun kita dan mengarahkan kita kembali ke arah yang bener. Jangan malah connectnya ke orang-orang yang akhirnya akan menjerumuskan kita ke hal2 lain yang negatif, kalo itu mah jadinya "Salah Sambung"! Hehehe, kalo tadi ilustrasi yg gw pake itu: Misalnya lo langganan Astro, trus lagi nonton enak2 tiba2 channelnya ilang semua. Nah, yang bakal lo hubungin buat komplen sapa? Ya tentunya Customer Service nya Astro donk?! Ya ga? Masa yang lo telponin malah DiGi service center? Ntar pasti malah diteriakin "Salah Sambung woy pak/mak cik!". Nah begitu juga dengan hubungan kita terhadap yang lain. So start from your close friend or teman sesama komsel, siapa tahu Tuhan jg mau pake mereka2 itu untuk jadi jawaban dalam menghadapi masalah kita?! Jadi jangan sampe disconnect juga ya... emangnya enak kalo internet kita disconnect molo? (Apa seh...)

5. STAY in God's Presence
Bible Ref: Efesus 2:21-22, 1 Yohanes 4:16 , Yohanes 15:1-8
Nah yang ini adalah yang terpenting dan yang terutama. Selain yang di atas, kita harus tinggal terlebih dahulu di dalam Dia, maka Dia juga akan tinggal di dalam kita. Harusnya sih, kalo kita udah stay di phase yang satu ini otomatis phase2 yang laen juga akan berjalan lancar. Hehe, karena itu carilah dahulu wajah-Nya and just stay along with Him, maka semua yang kita hadapi, semua yang kita minta, semua yang kita butuhkan, Dia janji pasti akan kasi kita yang terbaik kok.

So, how bout you guys? Would you STAY with Him? Marilah kita mulai berani berkata: "Hey! Big Problem! I have a BIGGER GOD!"

Semoga yang gw tulis ini bukan cuma mengingatkan gw, tapi jg mengingatkan dan menjadi berkat buat yang lain yang udah ngebaca ini... Amen!
posted by Yuyu  @  11:59:00 PM  | 

1 comments:

  • At May 21, 2006 5:12 AM, Blogger Yuyu said…

    ur welcome ceh... u know what.. i feel so blessed too when others are blessed. I hope we really can support each other, we are still a human being, so many mistakes that we would do and we keeps fall-down and rise-up. But what makes us different with the world is the thinking that "We used to be a sinner, but now We are forgiven"

    Btw, sekilas lihat STAY ternyata mengandung inisial dari komsel gua saat ini haha which is S(tephen) T(wo) A(lex) Y(uyu)... So semoga Tuhan memberi peneguhan bahwa kita menjadi komsel bernama STAY !!! Wakakakak GBU all!

     

Post a Comment

<< Home