Wednesday, May 10

Guysss Anorexia





















Well... Since Yuyu ga tao apa itu Anorexia... mari kita bahas Anorexia itu...

Masalah gangguan pola makan (eating disorder) adalah awal mula anorexia dan bulimia nervosa. Walaupun belum diketahui secara pasti, ada berbagai teori yang menjelaskan penyebab kedua gangguan ini. Salah satu teori menyebutkan bahwa penyebabnya adalah karena cewek-cewek merasa sangat tertekan dengan "kewajiban" untuk tampil langsing seperti yang dimunculkan oleh televisi dan majalah. Teori yang lain menunjuk adanya gangguan pada sebagian fungsi otak yang berkaitan dengan body image

Seseorang dapat dikatakan mengalami gangguan pola makan apabila ia terobsesi dengan pengaturan makanan dan berat badannya. Mereka melakukan hal-hal yang ekstrem untuk menjaga berat badannya.

Kita hanya akan membahas Anorexia disini.

Anorexia nervosa adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan kelaparan secara sukarela dan stres dari melakukan latihan. Anorexia nervosa merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal. Seseorang yang menderita anorexia disebut sebagai anoreksik atau (lebih tidak umum) anorektik. Istilah ini sering kali namun tidak benar disingkat menjadi anorexia, yang berarti gejala medis kehilangan nafsu makan.

Anorektik dapat juga menunjuk ke obat penahan nafsu.

(Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Anorexia_nervosa)


Berbeda dengan penderita bulimia yang makan dalam jumlah berlebihan kemudian berusaha membuangnya, penderita anorexia nervosa makan dalam jumlah sangat sedikit dan berolahraga berlebihan untuk menjaga berat badan. Tanda-tanda yang dialami penderita anorexia adalah sebagai berikut:

Selain berolahraga secara berlebihan, penderita anorexia biasanya punya kebiasaan makan yang aneh, seperti menyisihkan makanan di piringnya dan memotong-motongnya menjadi bagian-bagian kecil, mengunyah lambat-lambat, serta menghindari makan bersama keluarga. Mereka menganggap kulit dan daging pada tubuh mereka sebagai lemak yang harus dimusnahkan. Tidak adanya lemak di tubuh membuat penderita anorexia merasa tidak nyaman ketika duduk ataupun berbaring (saking kurusnya). Selain itu mereka juga sulit tidur. Dengan berlanjutnya penyakit ini, penderita mulai suka menyendiri dan menarik diri dari teman dan keluarga.

Tubuh penderita bereaksi terhadap kondisi ini dengan cara menghentikan beberapa proses. Tekanan darah menurun drastis, napas melemah, pada wanita menstruasi terhenti (atau pada anak yang menginjak dewasa, mungkin menstruasi tidak dimulai sama sekali), dan kelenjar tiroid yang mengatur pertumbuhan menghilang. Kulit mengering, rambut, dan kuku menjadi rapuh.

Gejala lain yang timbul adalah pusing, kedinginan, sembelit, serta pembengkakan sendi.

Kekurangan lemak menyebabkan temperatur tubuh menurun. Sebagai mekanisme alam, tumbuh lanugo atau rambut di seluruh tubuh termasuk wajah. Selain itu, ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh juga dapat menyebabkan serangan jantung.

Pengobatan

Baik dalam kasus bulimia maupun anorexia diperlukan penanganan dini, karena penanganan yang terlambat mempersulit pengobatan. Biasanya, keluarga pasien akan diminta bantuan dalam perawatan, seperti terapi psikoligis, konseling gizi, modifikasi perilaku, dan self-help groups. Terapi dapat berlangsung setahun atau lebih. bisa dilakukan sendiri di rumah bersama keluarga atau untuk kasus yang parah dengan rawat inap di rumah sakit.

Kalau ada teman atau saudara yang kita pikir menderita penyakit ini, segera ajak mereka ke dokter. Tetapi ingat, tekankan bahwa kita memang peduli dan tunjukkan sikap yang tidak menghakimi. Kalau kamu sendiri yang menderita, ingatlah bahwa kamu tidak sendiri. Bahwa ini adalah masalah kesehatan dan kamu memerlukan bantuan dokter. Sebagai langkah awal, bicaralah pada orangtua, dokter keluarga, atau guru BP. Makin cepat dapat bantuan, main besar kesempatan untuk sembuh total.

Baca artikel dari GloriaNet deh
http://www.glorianet.org/mau/kliping/klippola.html


CC ga tao d gimana :). Kalo emang bener terserang yg namanya Anorexia, sebaiknya pegi ke dokter. Dari foto2 segh ya... cc ga keliatan (maaf kata) "gendut", fatty ato sebagainya, lagian ya kalo cewe terlalu kurus tu apa yg mau di pelok?? masih empukan bantal guling dah... so, ga jaminan juga segh orang bertubuh ideal dia sehat...

Well g se sangat mendukung cewe2 bertubuh ideal, hanya saja one thing to consider is Healthy... tubuh ideal berbicara tentang pola makan seseorang dan aktifitas yg dilakukan untuk mengidealkan tubuhnya itu. apakah pola makannya sehat? apakah aktifitas yg di lakukannya benar?. Ada baiknya sebelom melakukan diet/pengaturan pola makan di konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, ataupun instruktur fitnes yang dapat memberikan arahan untuk pola makan dan aktifitas apa saja yg dapat mendkungnya :).

Semoga bermanfaat dan dapat menambah knowledge kita :).

Info for Bulimia Nervosa:
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0110/26/dikbud/anor45.htm


God Bless You
posted by C'Tephen  @  12:00:00 PM  | 

1 comments:

  • At May 10, 2006 3:53 PM, Blogger Yuyu said…

    Beh... niat bgt loe cari ginian... aniwei thx.. at least i know a glimpse of it.

    "lagian ya kalo cewe terlalu kurus tu apa yg mau di pelok??"
    Waduh, pantesan pen elo demennya ama yang agak2 (maaf kata) "empuk2"... hihihi *ngelirik someone* :P

     

Post a Comment

<< Home